20 Februari 2019 10:47 wib
  • zakat

UIN SU SALURKAN BEASISWA UPZ KEPADA MAHASISWA TIDAK MAMPU

Medan (UIN SU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) menyalurkan beasiswa Unit Pengumpul Zakat (UPZ) periode II tahun 2019 kepada 520 orang mahasiswa tidak mampu untuk meringankan biaya kuliah.
"Mahasiswa penerima beasiswa UPZ memperoleh keringanan uang kuliah berkisar 80 persen dari nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama satu semester khususnya bagi mahasiswa yang bukan penerima bidik misi," ujar Ketua UPZ UIN SU DR Achyar Zein usai menyerahkan beasiswa di kampus II Jl Williem Iskandar Medan Estate, Senin pagi (18/02).

Dikatakan dia, sebelumnya di periode I pada bulan Mei 2018 sudah disalurkan kepada 265 orang mahasiswa dan periode II ini dari 1.246 mahasiswa yang mendaftar terdapat 520 mahasiswa penerima beasiswa, yang diawali penyaringan di jurusan dan fakultas sampai wawancara dengan pengurus UPZ.
Khusus mahasiswa bidik misi dan mahasiswa dengan level UKT satu,  tidak mendapatkan beasiswa ini sebab biaya kuliah relatif rendah Rp 400 ribu. UINSU hanya membantu mahasiswa yang biaya kuliahnya berkisar Rp 1,8 juta sampai Rp 6 juta per semester.
Program yang baru pertama kali diluncurkan dan sejak 2018 lalu sudah terkumpul Rp 1,3 miliar dari pegawai dan dosen UIN SU,  sementara target yang diharapkan berkisar Rp 2,2 miliar di tahun 2019 ini. Karenanya untuk bulan Maret 2019 ini tambah Dr Achyar yang juga Wakil Direktur Pascasarjana ini, UPZ memotong langsung 2,5 persen zakat dari gaji ASN, remunerasi dan sertifikasi dosen yang berjumlah 786 orang.
Untuk itu kepada mahasiswa penerima beasiswa UPZ  dihimbau agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan ini dan rajin belajar, jangan ada beban karena persoalan kesulitan ekonomi sudah dibantu universitas.

Sementara Rektor UIN SU Prof Dr Saidurrahman M.Ag mengatakan, dengan prinsip tersebut maka mahasiswa haram dropout (DO) hanya karena miskin. "Kampus yang juara, adalah kampus yang memfasilitasi mahasiswanya meraih masa depan yang lebih baik," katanya.

Salah seorang mahasiswa Muammar jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah semester 4 memberikan apresiasi kepada universitas yang telah membantu biaya kuliah satu semester.
Mahasiswa dari Kabupaten Langkat ini adalah anak ke 3 dari 5 bersaudara yang menetap di sebuah mesjid di Jl Meteorologi Percut Sei Tuan bekerja sebagai marbot dan guru mengaji.
Orang tuanya  sehari-hari bekerja sebagai nelayan. Muammar mendapatkan honor mengajar dan mampu mencukupi biaya kebutuhan bulanan tanpa harus meminta dari keluarganya. "Saya bersyukur dapat beasiswa UPZ ini bisa membantu biaya kuliah sebesar Rp 1,8 juta di awal semester 4 ini dan berkesempatan mendapat beasiswa periode II," katanya.
Mahasiswa penerima beasiswa juga berharap di tahun depan jumlah bantuan dapat ditingkatkan lagi serta mendoakan semoga jumlah penerima mahasiswa juga bertambah," ujarnya.