SOP Penyaluran Beasiswa UPZ UINSU

 

1. Tujuan

Memanfaatkan kelancaran proses penyaluran zakat beasiswa.

 

2. Ruang Lingkup

2.1. Persyaratan penyaluran zakat beasiswa.

2.2. Prosedur pengambilan keputusan penyaluran zakat beasiswa.

 

4. Pengguna

4.1.Ketua UPZ.

4.2. Wakil Ketua.

4.3. Sekretaris.

4.4. Wakil Sekretaris.

4.5. Bendahara.

4.6. Wakil Bendahara.

4.7. Seluruh Anggota Pengurus UPZ

 

5.  Dasar Hukum

5.1. UU No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat.

5.2. Peraturan BAZNAS No. 2 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja UPZ.

5.3. Keputusan Rektor UIN Sumatera Utara Medan No. 12 Tahun 2018 tanggal 18 Januari 2018 tentang Pengurus UPZ UIN-SU Periode 2018 – 2020.

5.4. Keputusan Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Utara No. 01/SK/A/2018 tentang Pembentukan Pimpinan Unit Pengumpulan Zakat ( UPZ ) Perguruan Tinggi Negeri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Periode 2018 – 2020.

 

7. Prosedur

7.1. Staf sekretariat mencatat permohonan dalam buku surat masuk.

7.2. Staf sekretariat menginformasikan kepada anggota pengurus bidang verifikasi untuk meneliti kelayakan untuk dipertimbangkan dalam rapat pengurus.

7.3. Pengurus bidang verifikasi berkordinasi dengan fakultas/Prodi

7.4. Sekretariat menjadwalkan dan mengundang rapat pengambilan keputusan pemberian  beasiswa yang dilaksanakan setiap sekali dalam dua minggu.

7.5. Keputusan diterima atau ditolak disampaikan secara tertulis dan berdasarkan surat persetujuan, para mustahiq hadir untuk menyebutkan tanggal penandatangan bagi yang disetujui.

7.6. Menandatangani bukti penerimaan. Pembayaran dilakukan langsung oleh UPZ. Tanda terima disiapkan oleh secretariat dalam rangkap 3. ( Satu untuk penerima, satu untuk file sekretariat dan satu lagi untuk wakil bendahara sebagai bukti pembukuan.

7.7. Untuk dana yang berasal dari eksternal penyerahan dapat dilakukan oleh pihak muzakki. Tekhnis pelaksanaan dirundingkan bersama muzakki.

7.8. Bukti pembayaran SPP dibuat dalam rangkap 3. Asli untuk mustahiq, satu copy untuk sekretariat dan satu copy lagi untuk wakil bendahara, untuk bukti pembukuan.

7.9. Staf sekretariat memlihara file dokumentasi pembayaran zakat beasiswa antara lain : surat permohonan, keputusan persetujuan rapat, kwitansi pembayaran, bukti penggunaan dana oleh mustahiq  ( bukti SPP ), photo pada saat penerimaan.

7.10. Satu copy tanda terima diserahkan kepada wakil bendahara untuk pembukuan oleh wakil bendahara.

 

8. Penutup

8.1. SOP ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila terdapat kekeliruan akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya.

8.2. Hal – Hal yang belum diatur dalam SOP ini akan diatur kemudian atau diatur dalam edaran ketua UPZ.

 

Medan, 18 Juli 2018

Ketua Unit Pengumpul Zakat

UIN Sumatera Utara Medan

 

 

Dr. Achyar Zein M.Ag

NIP. 196770216199703100

 

DOWNLOAD SOP PENYALURAN BEASISWA UPZ UIN SU